Lumban Gaol, Yenni Triana (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173351025 Cover.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. NIM. 4173351025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM. 4173351025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 4173351025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 4173351025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 4173351025 Bab I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
10. NIM. 4173351025 Bab V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
12. NIM. 4173351025 Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah, mengetahui respon pengguna setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan, dan mengukur keefektifan LKPD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah uji kelompok kecil sebanyak 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Putih dan uji kelompok besar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Air Putih yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli desain dalam aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian, instrumen soal pretest-posttest dan angket respon pengguna terhadap LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan, diperoleh bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil uji kelayakan validasi ahli materi yaitu sebesar 97,5% dan berdasarkan validasi ahli desain 95%. Respon pengguna pada uji coba LKPD berdasarkan rata-rata penilaian guru bidang studi termasuk dalam kategori layak dengan presentase 87,3% dan berdasarkan respon peserta didik yang pada uji kelompok kecil dengan melibatkan 10 orang siswa termasuk dalam kategori layak dengan presentase 95,7% dan pada uji kelompok besar dengan melibatkan 30 orang siswa termasuk dalam kategori layak dengan presentase sebesar 95,2%. Berdasarkan perhitungan nilai gain, LKPD berbasis inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori tinggi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai 0,73. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada materi getaran dan gelombang layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 IPA 126 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Pembelajaran inkuiri; Hasil belajar; Getaran; Gelombang; Bunyi; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 08:34 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45676 |