Hutajulu, Christine Natalia (2021) Implementasi Model Pembelajaran Mandiri Pada Permainan Pianika Kelas XI Di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163342007 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 2163342007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
3. NIM. 2163342007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 2163342007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 2163342007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 2163342007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 2163342007 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 2163342007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
12. NIM. 2163342007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM. 2163342007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Mandiri Pada Permainan Pianika Kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan. 2) Untuk mengetahui materi lagu yang dibawakan oleh siswa kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan dalam permainan pianika. 3) Untuk mengetahui hasil yang diperoleh siswa-siswi setelah pengimplementasian Model Pembelajaran Mandiri pada permainan pianika kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan. 4) Untuk mengetahui kendala dalam pengimplementasian Model Pembelajaran Mandiri pada permainan pianika kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori implementasi, teori model pembelajaran mandiri, teori pengajaran, teori alat musik, teori musik dan teori tehnik permainan alat musik pianika. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 orang dan siwa kelas XI IPS 5 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data adalah observasi, wawancara, instrument pertanyaan guru dan siswa beserta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengimplementasi model pembelajaran mandiri pada permainan pianika kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan pada mata pelajaran seni budaya melakukan tiga tahap kegiatan pembelajaran, kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2) Materi lagu yang dibawakan oleh siswa kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan dalam permainan pianika adalah lagu daerah yang berasal dari Papua berjudul Apuse. 3) Hasil siswa-siswi setelah pengimplementasian model pembelajaran mandiri pada permainan pianika kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan menggunakan Ranah Kognitif. 4) Kendala pada pengimplementasian model pembelajaran mandiri pada permainan pianika kelas XI di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan dari segi keterbatasan media belajar, kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pelajaran seni budaya terutama pada seni musik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi Model Pembelajaran Mandri; Permainan Pianika |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1470 Aleatory music. Electronic music. Mixed media M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 12:40 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 12:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45661 |