Clauida (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341017 COVER .pdf.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 4173341017 APPROVAL SHEET pdf.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
3. NIM 4173341017 ABSTRACT .Pdf.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 4173341017 PREFACE .pdf.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM 4173341017 TABLE OF CONTENT .pdf.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
6. NIM 4173341017 ILUSTRATION .pdf.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 4173341017 TABLE .pdf.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 4173341017 APPENDICES .pdf.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM 4173341017 ABBREVIATION .pdf.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
10. NIM 4173341017 CHAPTER I .pdf.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
14. NIM 4173341017 CHAPTER V .pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
15. NIM 4173341017 BIBLIOGRAPHY .pdf.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia dilihat dari aspek kognitif dan indikator pembelajaran serta untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA negeri 3 Pematangsiantar di kelas XI IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan ganda dan angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan tingkat aspek kognitif, tingkat kesulitan tertinggi yang dihadapi siswa pada materi sistem Pernapasan Manusia adalah pada kognitif C6 (menciptakan), dengan nilai rata-rata 26,76. Namun tingkat kesulitan terendah adalah pada kognitif CI (mengingat), yaitu sebesar 52,85. Selanjutnya dilihat dari aspek indikator pembelajaran, siswa mendapat tingkat kesulitan tertinggi pada indikator ke-3 (menjelaskan pertukaran oksigen dan karbon dioksida) dengan nilai rata-rata sebesar 17,67, sedangkan tingkat kesulitan terendah adalah 63,92 yaitu pada indikator ke-4 (menganalisis dan mengidentifikasi penyakit pada organ pernapasan). Faktor penyebab kesulitan belajar pada materi Sistem Pernapasan Manusia yang dihadapi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 pematangsiantar adalah faktor internal dan eksternal. Motivasi belajar sendiri sebesar 84,18 merupakan faktor internal utama sedangkan guru sebesar 81,69 merupakan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Belajar, Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran, Faktor Kesulitan Belajar, Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 03:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45617 |