Br. Tarigan, Yonanda Mellyarosa (2022) Pengembangan Buku Ajar Hematologi Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Biologi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196173008 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8196173008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM 8196173008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 8196173008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 8196173008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 8196173008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8196173008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8196173008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8196173008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 8196173008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8196173008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan buku ajar hematologi berbasis literasi sains; (2) Mengetahui tingkat kelayakan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut ahli materi; (3) Mengetahui tingkat kelayakan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut ahli desain; (4) Mengetahui tanggapan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut dosen matakuliah; (5) Mengetahui tanggapan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut mahasiswa dan (6) Mengetahui efektivitas buku ajar hematologi yang telah memenuhi literasi sains terhadap hasil belajar mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Pengembangan buku ajar ini dilaksanakan dngan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu 4-D (Four-D Models). Instrumen penelitian berupa lembar penilaian validator ahli materi, ahli desain dan tanggapan dosen matakuliah serta tanggapan mahasiswa. Hasil penilaian kelayakan isi buku dari ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor 92. Hasil penilaian kelayakan penyajian buku dari ahli desain termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor 95. Hasil tanggapan dosen matakuliah dan mahasiswa terhadap buku ajar hematologi mendapatkan skor 95 dan 95 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji efektivitas buku ajar hematologi berbasis literasi sains termasuk dalam kategori efektif dengan persentase N-gain sebesar 81,25.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.72 Tar p |
Keywords: | Buku ajar; hematologi; literasi sains; matakuliah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 05:43 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45583 |