Sinaga, Evi Deristina (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA WR Supratman 1 Medan T.P 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196166006 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8196166006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
3. NIM 8196166006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8196166006 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 8196166006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 8196166006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 8196166006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8196166006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8196166006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
13. NIM 8196166006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8196166006 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) kelayakan E-modul dalam pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA WR Supratman 1 Medan tahun ajaran 2021/2022; dan (2) keefektifan E-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA WR Sepratman 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, ahli materi, ahli desain, angket tanggapan guru dan angket respon siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keseluruhan angket validasi ahli materi untuk e-modul sebesar 91 persen berada dalam kategori sangat baik, hasil keseluruhan angket validasi ahli media untuk e-modul sebesar 86 persen dengan kategori sangat baik, dan hasil keseluruhan angket validasi ahli desain untuk e-modul sebesar 93 persen dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil angket tanggapan guru untuk e-modul sebesar 95 persen, hasil uji coba perorangan yaitu 95 persen kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 95 persen kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar sebesar 97 persen kategori sangat baik. Hasil eksperimen menunjukkan untuk penggunaan e-modul berbasis inkuiri dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata posttest 79 dengan pencapaian KKM 100 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis inkuiri berbantuan google classroom efektif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA WR Supratman 1 Medan T.P 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Sin p |
Keywords: | Pengembangan E-Modul; Inkuiri; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 05:35 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 05:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45582 |