Sari, Indah Permata (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IIS I MAN I PADANG LAWAS TP 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186166010 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. 8186166010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
3. 8186166010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. 8186166010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. 8186166010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
6. 8186166010 TABLES.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
7. 8186166010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. 8186166010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. 8186166010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
13. 8186166010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. 8186166010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan modul pembelajaran
berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS
MAN 1 Padang Lawas yang dapat mendukung pembelajaran sehingga membantu
guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan 4D. Selain itu,
penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
pemecahan masalah pada pemebelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di
MAN 1 Padang Lawas. teknik pengambilan sampel menggunakan random
sampling. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran ekonomi berbasis
Problem Based Learning yang dikembangkan telah valid (memenuhi syarat)
untuk digunakan sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas
XI IIS. Produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, desain
pembelajaran dan aspek modul pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan respon
siswa diperoleh persentase rata-rata 89% yang dapat dikategorikan “sangat layak”
serta adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa saat diterapkan modul pengembangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Arw p |
Keywords: | Modul 4-D; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 05:10 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45580 |