Nasution, Ikral (2015) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI PELUANG DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANGTORU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171029 Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8136171029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8136171029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. 8136171029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. 8136171029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. 8136171029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. 8136171029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 8136171029 Bab I.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
9. 8136171029 Bab V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
10. 8136171029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas modul berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi peluang di SMA Negeri 1 Batangtoru; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan modul berbasis konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini pengembangan modul matematika berbasis konstruktivisme, pada tahap penyebaran (disseminate) dilakukan secara terbatas di sekolah mitra yang menjadi subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Batangtoru. Dari hasil uji pengembangan: (1) modul berbasis konstruktivisme memenuhi kriteria kevalidan dengan predikat valid, (2) modul berbasis konstruktivisme praktis berdasarkan hasil revisi dari tim ahli dan hasil wawancara, serta (3) modul matematika berbasis konstruktivisme efektif digunakan berdasarkan hasil pengamatan pencapaian persentase waktu ideal, hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika memenuhi ketuntasan klasikal yaitu ≥ 80% dari subjek uji coba, dan dari hasil angket respon siswa, serta (4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan modul dari uji coba I ke uji coba II dan memenuhi ketuntasan klasikal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Pengembangan; Modul Berbasis Konstruktivisme; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4558 |