SARI, RENI NURMALA (2021) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2018 TA 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163141030 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 7163141030 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
3. NIM 7163141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
4. NIM 7163141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 7163141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 7163141030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 7163141030 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 7163141030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM 7163141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM 7163141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM 7163141030 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Keaktifan Belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Medan stambuk 2018 TA 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 99 orang dan instrumen yang digunakan untuk mengukur Keaktifan Belajar dan minat belajar adalah berupa angket. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil yaitu dari 29 instrumen angket Keaktifan Belajar, terdapat 28 item pernyataan yang valid dan 1 item pernyataan yang tidak valid dan dari 39 instrumen angket minat belajar, terdapat 38 item pernyataan yang valid dan 1 item pernyataan yang tidak valid. Uji reliabilitas angket diperoleh dari nilai cronbach’s Alpha dengan hasil untuk uji reliabilitas Keaktifan Belajar adalah sebesar r_hitung > r_tabel (0,741> 0.1975) dan untuk minat belajar adalah sebesar r_hitung > r_tabel (0,928> 0.1975).
Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 1,337 + 0,020X_1 + 0,004X_2 + e. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan uji t pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, maka hasil yang diperoleh Keaktifan Belajar secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai t_hitung > t_tabel (4,867 > 1,66088) dan minat belajar secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai t_hitung > t_tabel (1,990 > 1,66088). Hasil yang diperolah pada uji F menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Keaktifan Belajar(X_1) dan minat belajar(X_2) terhadap terhadap prestasi belajar (Y) dimana nilai f_hitung > f_tabel (15,777 > 3,09).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Keaktifan Belajar dan minat belajar terhadap terhadap prestasi belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan stambuk 2018 TA 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan Belajar dan Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 15:09 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 15:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45570 |