Siregar, Nuzirma Chania (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTSN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111070 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 4151111070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM. 4151111070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 4151111070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4151111070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM. 4151111070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 4151111070 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 4151111 070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 4151111070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM. 4151111070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14. NIM. 4151111070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan menghasilkan LKPD yang efektif berbasis pendekatan matematika realistik pada materi SPLDV. Model pengembangan adalah 4-D yang dibatasi yakni Define, Design, dan Develop. Penelitian ini dilakukan secara daring menggunakan bantuan aplikasi Google Meet, GeoGebra, dan QR Code selama pembelajaran virtual. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh LKPD yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada tes awal kemampuan koneksi matematis adalah 3 orang dan meningkat menjadi 28 orang pada tes akhir kemampuan koneksi matematis. Adapun hasil penelitian N-Gain diperoleh nilai rata- rata 0,601 yang termasuk kategori “sedang”. Selanjutnya, diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 93,33% yang berarti dalam kategori ‘tuntas klasikal’, tujuan pembelajaran tercapai, respon siswa dalam kategori sangat positif, dan waktu pembelajaran adalah efektif. Maka diperoleh kesimpulan bahwa LKPD berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan ICT adalah efektif dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LKPD, model 4-D, pendekatan matematika realistik, kemampuan koneksi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 02:14 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45565 |