Khair, Abdul Rasyid Fadhlan (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Siswa MTs PAB-1 Helvetia. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186171009 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8186171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. NIM 8186171009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM 8186171009 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM 8186171009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 8186171009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8186171009 LST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8186171009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8186171009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8186171009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM 8186171009 REFERECES.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa MTs PAB-1 Helvetia melalui model team games tournament, mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika untuk topik bangun datar di kelas VII MTs PAB-1 Helvetia.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs PAB-1 Helvetia. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Siswa kelas VII (1) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model team games tournament dan siswa kelas VII (5) sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah, angket self-efficacy, aktivitas siswa, proses jawaban siswa.Analisis data dilakukan dengan uji t dan anava dua jalur.
Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang memperoleh model team games tournament lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh model team games tournament lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah, dan (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan self-efficacy siswa, (5) proses pembelajaran siswa selama pembelajaran TGT berlangsung lebih baik dan (6) Bentuk jawaban siswa lebih bervariasi dan lebih baik selama pembelajaran TGT dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran matematika model TGT pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kecerdasan emosional siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Kha p |
Keywords: | model team games tournamnet; self-efficacy; proses pembelajaran; bentuk jawaban siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 10:38 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 10:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45558 |