Nurjanah, Siti (2021) Pengembangan Bahan Ajar Handout Elektronik Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pro Materi Teks Fabel Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1._NIM 2173111040 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM 2173111040 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
3. NIM 2173111040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM 2173111040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
5. NIM 2173111040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. NIM 2173111040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 2173111040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 2173111040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 2173111040 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM 2173111040 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 2173111040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout elektronik berbantuan kvisoft flipbook maker pro pada materi teks fabel kelas VII SMP. Untuk melihat kelayakan bahan ajar handout elektronik berbantuan kvisoft flipbook maker pro pada materi teks fabel kelas VII SMP sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran. Penelitian menerapkan metode Research & Development mengacu pada alur pengembangan Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono. Penelitian menerapkan lima langkah dari sepuluh langkah yang semestinya yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Tahap validasi desain melibatkan 4 orang subyek (dua orang ahli materi, dua orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, dan kelayakan media. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi diadaptasi dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, Instrumen berupa angket menggunakan perhitungan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar handout elektronik berbantuan kvisoft flipbook maker pro pada materi teks fabel kelas VII SMP dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran dengan perolehan skor presentase keseluruhan sebesar 83,9% untuk aspek kelayakan isi, 91,6% untuk aspek kelayakan penyajian, 86% untuk aspek kelayakan bahasa, dan 93,8% untuk aspek kelayakan kontekstual dengan kriteria sangat baik oleh ahli materi. Sedangkan untuk ahli media memperoleh presentase keseluruhan sebesar 97,7% pada aspek kegrafikan dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Handout Elektronik; Kvisoft Flipbook Maker Pro; Teks Fabel |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z116 Book industries and trade |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 09:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45545 |