Siagian, Roshelen (2021) Pemanfaatan Aplikasi Plickers Dalam Penilaian Harian Pada Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 7 Medan Dan SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163111041 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 2163111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
3. NIM 2163111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 2163111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM 2163111041 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 2163111041 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 2163111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 2163111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
12. NIM 2163111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM 2163111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi guru pada pemanfaatan aplikasi Plickers dalam penilaian harian pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 7 Medan dan SMK Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 serta mengetahui tanggapan guru pada pemanfaatan aplikasi Plickers dalam penilaian harian pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 7 Medan dan SMK Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di sekolah SMK Negeri 7 Medan serta SMK Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 186 guru. Untuk penelitian tersebut, diambil guru Bahasa Indonesia yang berjumlah 10 orang melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan memperhatikan tahapan dalam pemanfaatan aplikasi Plickers. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengisian angket, pengisian lembar observasi dan pelaksanaan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa guru bahasa Indonesia di SMK Negeri 7 Medan dan SMK Negeri 1 Medan dikategorikan sangat baik dalam Pemanfaatan aplikasi Plickers dengan skor rata-rata 96,35% dari 4 tahap pemanfaatan Plickers.. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa segi persiapan pemanfaatan aplikasi plickers guru memperoleh persentase nilai sebesar 95,6% berkategori sangat baik, lalu dari segi tahap awal pemanfaatan guru memperoleh persentase nilai sebesar 95,5% dengan kategori sangat baik. Dari segi pelaksanaan ulangan harian dengan menggunakan aplikasi Plickers guru memperoleh persentase nilai tertinggi sebesar 98,1% dengan kategori sangat baik serta tahap penilaian ulangan harian melalui aplikasi plickers guru memperoleh persentase nilai sebesar 96,2% dikategorikan dengan sangat baik. Melalui penelitian ini guru dapat mengetahui kemampuan guru Bahasa Indonesia dalam memanfaatkan aplikasi plickers sehingga kedepannya guru dapat lebih melakukan inovasi lagi dalam proses penilaian ulangan harian di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penilaian harian; Aplikasi; Plickers; Guru Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 00:27 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 00:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45542 |