-, Heliyati (2021) ANALISIS JURNAL PENELITIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111029 COVER..pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4161111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. NIM. 4161111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 4161111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 4161111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. NIM. 4161111029 TABLES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7. NIM. 4161111029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM. 4161111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 4161111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM. 4161111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 4161111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan hasil metasintesis, meta-analisis serta persamaan dan perbedaan kelima jurnal penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian campuran antara kualitatif deskriptif dan kuantitaif dengan metode metasintesis dan meta-analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 artikel jurnal mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan identifikasi pertanyaan penelitian, mengembangkan protokol penelitian, menetapkan wilayah pencarian, screening hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, ekstraksi data dari hasil studi, sintesis data menggunakan metasintesis, meta-analisis menggunakan perhitungan effect size, dan penyajian hasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Metasintesis kelima jurnal berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis menggunakan indikator yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan peneliti. Metasintesis kelima jurnal berdasarkan analisis statistik diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional/ pembelajaran langsung; (2) Berdasarkan meta-analisis dengan perhitungan effect size, J4 merupakan sumber data yang memiliki nilai ES terbesar yaitu 1,27 (kategori efek besar), hasil perhitungan rata-rata effect size secara keseluruhan yaitu sebesar 0,71 (kategori efek sedang); (3) persaman dari kelima jurnal yaitu berdasarkan jenis penelitian, instrumen penelitian, teknik analisis data, ruang lingkup isi jurnal dan perbedaan kelima jurnal yaitu berdasarkan desain penelitian, teknik pengambilan sampel, kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 03:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45534 |