Pasaribu, Reina Intan Aprilla (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331040 COVER.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
2. NIM. 4173331040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4173331040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM. 4173331040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
5. NIM. 4173331040 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
6. NIM. 4173331040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
7. NIM. 4173331040 TABELS.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM. 4173331040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
9. NIM. 4173331040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4173331040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM. 4173331040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan laju reaksi dalam pembelajaran online. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sipoholon yang berjumlah 3 kelas dengan total jumlah siswa 106 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media LKS sedangkan siswa pada kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar berupa tes objektif dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan memenuhi syarat. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitas dan diperoleh data kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 83.00 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 70.14. Melalui uji paired sampel test diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000. Nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Lembar Kerja Siswa (LKS), Hasil belajar, Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 03:56 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45526 |