PANJAITAN, NOVITASARI (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173342035 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 7173342035 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3. NIM 7173342035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
4. NIM 7173342035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 7173342035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
6. NIM 7173342035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 7173342035 TABLES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
8.NIM 7173342035 APPENCIDES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. NIM 7173342035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
13.NIM 7173342035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14.NIM 7173342035 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi keuangan kelas XII akuntansi SMK Negeri 6 Medan yang masih kurang maksimal dimana siswa kurang yakin dengan kemampuannya sendiri, kemandirian siswa belum maksimal dan motivasi belajar yang masih tergolong kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar akuntansi keuangan; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan; (3) pengaruh motivasi belajar terhadapa hasil belajar akuntansi keuangan; (4) pengaruh efikasi diri, kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan. Penelitian di lakukan di SMK Negeri 6 Medan pada bulan Maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII akuntansi SMKN 6 Medan yang berjumlah 100 orang siswa dan sampel sebanyak 80 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel mengunakan simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan; (2) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan ; (3)motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; (4) secara simultan, efikasi diri, kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,765 yang berarti variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 76,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi Keuangan. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 08:36 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45496 |