HARAHAP, NINGSIH (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE BERBASIS EMBEDDED TEST UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 1 PATUMBAK T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173142025 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 7173142025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. NIM 7173142025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM 7173142025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 7173142025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7173142025 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7173142025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7173142025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7173142025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM 7173142025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 7173142025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 dengan menerapkan media pembelajaran Video Scribe Berbasis Embedded Test.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Patumbak, Jln. Pertahanan Ujung, Patumbak, Deli Serdang, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 3 dengan jumlah 36 siswa dan objek penelitian ini adalah perapkan media pembelajaran Video Scribe Berbasis Embedded Test. Pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing –masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan soal tes akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh pada siklus I jumlah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor ≥ 16 belum mencapai 80% dengan rata-rata nilai 38,88% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥75 belum mencapai 80% dengan rata-rata nilai 61,11% sehingga dilanjutkan ke siklus ke II. Siklus ke II diperoleh hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor ≥16 sudah mencapai 80% dengan rata-rata nilai 83,33% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥75 sudah mencapai 80% dengan rata-rata 86,11% sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Video Scribe Berbasis Embedded Test dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Video Scribe Berbasis Embedded Test |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 03:56 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45495 |