Widyastuti, Dwi (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113311019 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM. 2113311019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM. 2113311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM. 2113311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 2113311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 2113311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 2113311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
4. NIM. 2113311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
2. NIM. 2113311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
13. NIM. 2113311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 2113311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 421 orang. Sampel diambil dengan teknik acak kelas yang akhirnya ditetapkan kelas XI MIA8 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kemampuan menentukan ide pokok paragraf = 70,8 dan standar deviasi = 8,4, kemudian kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks diperoleh nilai rata-rata = 81,03 dan standar deviasi = 9,0. Hasil perhitungan hubungan antara kemampuan menentukan ide pokok paragraf dan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks sebesar 0,787. Setelah dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf nyata 5% N= 32 adalah 0,349. Ternyata rhitung > rtabel atau 0,787 > 0,349 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menentukan ide pokok paragraf dan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan menentukan ide pokok paragraf; kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4544 |