ASTUTI, WIDYA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM SISWA DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162144005 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM. 7162144005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM. 7162144005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
4. NIM. 7162144005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM. 7162144005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. NIM. 7162144005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 7162144005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7162144005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
9. NIM. 7162144005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
13. NIM. 7162144005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM. 7162144005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match dan Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2020/2021 yang berjumlah 72 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas X OTKP-1 untuk kelas eksperimen I dan kelas XI OTKP-2 untuk kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tesebut berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test sebesar 41,52 dan nilai rata-rata post test adalah 87,08 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen II adalah 37,91 dan nilai rata-rata post test adalah 83,75. Hasil uji t diperoleh thitung 2,9519 dan ttabel 1,668 maka thitung>ttabel yaitu 2,9519>1,668 hal ini berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make A Match dan Word Squareterhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Make A MatchModel Word Square, Hasil Belajar Administrasi Umum. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 01:45 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45405 |