Irani, Ayu (2021) Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2163111004 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM. 2163111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
3. NIM. 2163111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 2163111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
5. NIM. 2163111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
6. NIM. 2163111004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
9. NIM. 2163111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
13. NIM. 2163111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 2163111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
8. NIM. 2163111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 2163111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi
siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil sampel 32 siswa
melalui teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri
37 Medan dalam menulis teks persuasi tergolong ke dalam kategori baik dengan
nilai rata-rata 72,96. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa aspek
pengenalan isu yang memperoleh nilai rata-rata (86,59) dengan kategori sangat
baik, aspek rangkaian argumen memperoleh nilai rata-rata (59,5) dengan kategori
cukup, aspek pernyataan ajakan memperoleh nilai rata-rata (85,53) dengan
kategori baik, aspek penegasan kembali memperoleh nilai rata-rata (86,46) dengan
kategori sangat baik, aspek konjungsi argumentatif memperoleh nilai rata-rata
(79,68) dengan kategori baik, aspek kata bujukan memperoleh nilai (58,125)
dengan kategori cukup, aspek kata istilah memperoleh nilai rata-rata (46,25%)
dengan kategori kurang dan aspek kata kerja mental memperoleh nilai rata-rata
(65,93%) dengan kategori cukup. Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa
Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhususnya dalam menulis teks
persuasi. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih
meningkatkan efektivitas pembelajajaran menulis teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan menulis; Teks Persuasi; Siswa SMP kelas VIII |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 09:17 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45401 |