Tambunan, Mariana (2015) PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR DENGAN MEDIA MICROSOFT FRONTPAGE TERHADAP KREATIVITAS MENYELESAIKAN SOAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136141006 Cover.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. 8136141006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. 8136141006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. 8136141006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. 8136141006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. 8136141006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 8136141006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 8136141006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 8136141006 Bab I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
10. 8136141006 Bab V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
11. 8136141006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Penerapan pembelajaran latihanberstruktur dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasilbelajar siswa, (2) Penerapan pembelajaran latihan berstruktur terhadap kreativitas belajar siswa, (3) interaksi antara pembelajaran latihan berstruktur dengan menggunakan media microsoft frontpage terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Medan terdiri dari 8 kelas tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampel. Sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas,kelas eksperimen-1 yang dibelajarkan dengan pembelajaran latihan Berstruktur dengan media microsoft frontpage yaitu kelas XI MIA-1 dan kelas eksperimen-2 yang diajarkan dengan pembelajaran direct instruction dengan media microsoft frontpage yaitu kelas XI MIA-2 dengan jumlah sampel 80siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan lembar observasikreativitas belajar. Uji cobates menggunakan Microsoft Exel 2007 dan dari 30 butir soal yang diuji cobakan terdapat 20 butir soal yang valid. Uji reliabilitas diperoleb r11 sebesar 0,76 (sangat tinggi). Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan General Linier Models (GLM) Univariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran latihan berstruktur dengan media Microsoft Frontpage memiliki rerata gain adalah 0,61 lebih tinggi dari nilai rata-rata gain hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran direct instruction dengan media Microsoft Frontpage yaitu 0,44; (2) Rata- rata hasil belajar yang diperoleh siswa yang kreativitas tinggi adalah 87,10 (kategori tinggi) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar yang kreativitas rendah yaitu 70,85 (kategori rendah); (3) tidak terdapat interaksi metode pembelajaran terhadap kreativitas belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 712 Tam p |
Keywords: | Kreativitas; Latihan berstruktur; Hidrolisis garam; Media pembelajaran; Microsoft frontpage |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4540 |