Sitanggang, Nurul Cindy Paramita Asdi (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK BUAH TEKNIK KRAYON PADA PENERAPAN METODE LATIHAN SISWA KELAS VI SD NEGERI NO. 081232 SIBOLGA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2. NIM. 2153351010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
3. NIM. 2153351010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 2153351010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 2153351010 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 2153351010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 2153351010 TABELS.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 2153351010 LISH OF STRACHER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2153351010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM. 2153351010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
14. NIM. 2153351010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. NIM. 2153351010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas gambar anak dari yang tidak mengetahui menjadi paham akan dasar gambar yaitu gambar bentuk buah dengan penerapan metode latihan (drill) dalam kegiatan mewarnai media krayon di kelas VI-A SD Negeri No. 081232 Sibolga. Metode Latihan adalah metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran atau informasi melalui bentuk latihan-latihan secara berulang-ulang agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Adapun subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Metode latihan ini menggunakan tindakan Pre Test, Siklus I, Siklus II, guna meningkatkan hasil belajar siswa. Secara bertahap pada tindakan pre test, peneliti mendapati rata-rata nilai presentase belajar masih 52% artinya ketuntasan belajar di kelas masih rendah. Hal ini dibuktikan dari kemampuan siswa yang belum memahami dasar gambar benuk buah. Dilanjut peneliti dengan tindakan siklus I, pada tahap ini peneliti melakukan perbaikan karya untuk tidak terulang pada pre test sebelumnya, yangmana didapati rata-rata belajar siswa yang baik 86,7% dan cukup baik 13,3% dan sudah mulai baik. Dan masuk pada tindakan siklus II, dalam kegiatan mewarnai gambar bentuk buah media krayon didapati 89,66% amat baik dan 10,34% baik dapat dikatakan bahwa perbaikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik dan meningkat. Dari hasil ini, peneliti dapat mengatakan bahwa perbaikan perkembangan hasil belajar siswa yang dilakukan telah berhasil karena telah memenuhi kategori penilaian. Maka peneliti memutuskan untuk tidak melanjuti tindakan pada kegiatan mewarnai gambar bentuk buah. Penerapan metode latihan (drill) telah berhasil dilakukan dan dapat menjadi acuan dan strategi belajar seni rupa khususnya menggambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Latihan; Menggambar Bentuk; Media Krayon |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 09:16 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45397 |