Sianturi, Bronika Septiani (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF LAJU REAKSI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136141001 Cover.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. 8136141001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
3. 8136141001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. 8136141001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. 8136141001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. 8136141001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. 8136141001 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. 8136141001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. 8136141001 Bab I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
10. 8136141001 Bab V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
11. 8136141001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia inovatifterintegrasi pendidikan karakter pada pokok bahasan laju reaksi berdasarkankurikulum 2013. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan laju reaksi. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Bahan ajar penerbit A dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 oleh dosen dan guru. Hasil analisis bahan ajar penerbit Aberdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata 2,54 adalah valid, artinya sudah layak dan sebagian isi bahan ajar perlu direvisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata sebesar 3,60 adalah valid artinya sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,37 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,39 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,44 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan,sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang telah adasebelumnya. Nilai rata-rata gain ternormalisasi pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,62 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,76.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Sia p |
Keywords: | Bahan ajar; Laju reaksi; Kurikulum; Scientific approach; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4539 |