PANJAITAN, BENESIA EVA ROSALIN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X AP DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7143141012 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7143141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 7143141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 7143141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7143141012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 7143141012 TABELS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7143141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7143141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7143141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM. 7143141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 7143141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X AP di SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.”
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMK Swasta Jambi Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yang terdiri dari kelas X AP 1 (Eksperimen 1) berjumlah 40 siswa dan kelas X AP 2 (Eksperimen 2) berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean, standar deviasi dan varians. Untuk mengetahui normalitas menggunakan uji Liliefors, untuk mengetahui homogenitas menggunakan uji F dan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) = 46,13 dan 84,38 dan hasil rata – rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic(VAK) = 42,25 dan 79,25. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,335 sedangkan ttabel sebesar 1,667 pada taraf tingkat kepercayaan 95% dan taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung> ttabel yaitu 2,335> 1,667 maka hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) pada siswa kelas X AP SMK Swasta Jambi Medan TP. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), Hasil Belajar Korespondensi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5900 Correspondence schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 05:12 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45377 |