Barus, Muhammad Husaini (2020) Upaya Meningkaatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Metode Sirkuit Dan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2019 / 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6151111033 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.NIM 6151111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM 6151111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 6151111033 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 6151111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 6151111033 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 6151111033 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 6151111033 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 6151111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
13. NIM 6151111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM 6151111033 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kebugaran jasmani melalui metode sirkuit pada siswa kelas XI SMA Negei 15 Medan. Metode penelitian ini tindakan kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah kelas XI Einsten yang terdiri dari 30 siswa, objek dalam penelitian ini adalah melalui metode sirkuit pada siswa kelas XI Einsten SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2019 / 2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kebugaran jasmani (norma TKJI). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yaitu dengan cara melakukan kebugaran jasmani. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh perbaikan hasil belajar siswa dai 30 orang terdapat 13 siswa telah tuntas yaitu sebesar 43, 3 % dan 17 siswa yang belum tuntas yaitu sebesar 56,7% dengan nilai rata – rata kelas 61,73. Ini berarti ketuntasan klasikal belum tercapai, untuk itu peneliti massih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan penelitian melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 30 orang siswa terdapat 25 siswa yang telah tuntass yaitu sebesar 83,3 % dan 5 siswa yang belum tuntass yaitu sebesar 16,7 % dengan nilai rata – rata kelas 85,73 . Ini berarti ketuntasan belajar klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui metode sirkuit dapat memperbaiki hasil belajar kebugaran jasmani pada siswa kelas XI Einsten SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2019 / 2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PJKR-076 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Metode Sirkuit; Variasi Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 07:22 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45374 |