Risdayani (2020) Pengemasan Pembelajaran Tari Rapai Geleng Dalam Bentuk Media Audio Visual Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Di Sumatera Utara. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151141028 COVER .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 2151141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. NIM. 2151141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 2151141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 2151141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
6. NIM. 2151141028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7. NIM. 2151141028 LIST OF PHOTOS.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
8. NIM. 2151141028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
9. NIM. 2151141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
13. NIM. 2151141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
14. NIM. 2151141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mendeskripsikan langkah-langkah pengemasan tari Rapa’i Geleng dalam bentuk media audio visual untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X di Sumatera Utara. Landasan teori dalam penelitian ini menggunkan teori yang disampaikan oleh Djamarah (2010:124) tentang bagaimana langkah-langkah pengemasan media audio visual meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi yang menjadikan acuan dalam melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapang yang mana peneliti akan mampu memahami situasi sosial dan mendapatkan pandangan yang lebih menyeluruh dalam penelitian ini, wawancara dengan narasumber dilakukan untuk memperoleh data tentang konsep, teknik dan prosedur dalam tari Rapa’i Geleng, dokumentai dilakukan dengan merekam video dan mengambil foto tari Rapa’i Geleng, dan studi kepustakaan dilakukan untuk memperoleh perbandingan data tari Rapa’i Geleng. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif di mana data yang diperoleh kemudian diolah dengan teliti selanjutnya hasil pengolahan data disusun secara sistematis. Dalam poses penelitian ini diikuti dalam empat tahapan yakni : Tahapan pertama adalah perencanaan materi, kemudian tahapan yang kedua ialah pelaksanaan pengambilan video dan foto kemudia proses editing, selanjutnya mngevaluasi yang akan dilakukan di uji kembali dengan kelayakan uji validasi ahli materi dan uji validasi ahli media sebagai pembelajaran apresiasi untuk siswa kelas X Sekola Menengah Atas (SMA) di Sumatera Utara. Dalam produk ini mendapat kategori sangat baik dengan rincian skor 4,6 dari uji validasi ahli materi, skor 4,4 dari uji validasi ahli materi. Skor tersebut membuktikan bahwa produk video pembelajara ini sangat baik untuk diterakan dalam proses pembelajaran seni budaya khususnya bidang seni tari kelas X Sekolah Menengah Atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tari Rapai Geleng; Pembelajaran Apresiasi; Media Audio Visual |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 05:10 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45363 |