Setiawan, Jacky (2019) Profil Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani SMA Negeri Se-Kota pematang Siantar Tahun 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6143111043 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 6143111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM 6143111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 6143111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 6143111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM 6143111043 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM 6143111043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 6143111043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 6143111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 6143111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 6143111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Paedagogi pada perancangan pembelajaran guru pendidikan jasmani SMA Negeri Se-kota Pematang Siantar Tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 orang Penelitian menggunakan tehnik total sampling dimana tehnik penentuan sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode dan desain penelitian deskriptif survey adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah Kompetensi Paedagogi Guru Pendidikan Jasmani SMA Negeri Se-Kota Pematang Siantar. Pada penelitian yang akan dilaksanakan ini, peneliti akan mengambil data yang diperlukan dengan pengumpulan data menggunakan analisis isi dokumen yang sudah disediakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dokumen penilaian pendidikan profesi guru (PPG) Universitas Negeri Medan. Berdasarkan hasil penelitian di atas diketahui pada analsisis isi dokumen renacana pelaksanaan pembelajaran SMA Negeri Pematang Siantar jika dipersenkan 42% guru pendidikan jasmani pada kategori baik dalam hal ketepatan pemilihan macam media dan sumber pembelajaran, dan 36% pada kategori cukup pada kesesuaian antara isi yang digunakan dengan strategi/pendekatan/model pemebelajaran dan kegiatan belajar siswa dan indikator pencapain, dan 21% kurang pada rumusan langkah langkah pemebelajaran memuat pengembangan karakter siswa. Hasil penelitian di atas diketahui pada analsisis isi dokumen Media pembelajaran SMA Negeri Pematang Siantar Jika dipersenkan 57% guru pendidikan jasmani pada kategori baik pada kesesuaian jenis media dengan strategei pembelajaran yang dipilih, dan 31% pada kategori cukup pada efektifitas media menyampaikan materi pembelajaran dan 10% kurang pada efektifitas gambar ilustrasi, animasi, video dalam mendukung penjelasan konsep materi. Hasil penelitian di atas diketahui pada analsisis isi dokumen Lembar Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri Pematang Siantar Jika dipersenkan 5% sangat baik pada kesesuaian materi lkpd terhadap kemampuan siswa, 36% pada kategori baik pada kesederhanaan struktur kaliamat dan 36% pada kategori cukup kemampuan siswa berfikir kritis dan 21% kurang dalam pengukuran kemampuan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan. Hasil penelitian di atas diketahui pada analsisis isi dokumen Penilaian Bahan Ajar SMA Negeri Pematang Siantar Jika dipersenkan 10% sangat baik pad mmateri sesuai dengan bahan ajar, 36% guru pendidikan jasmani pada kategori baik contoh soal sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan 52% pada kategori cukup pada latihan tes dan simulasi pembelajaran yang memungkiinkan peserta didik untuk menguasai kompetensi dasar yang diharapkan. Hasil penelitian di atas diketahui pada analsisis isi dokumen intrumen penilaian perangkat penilian guru SMA Negeri Pematang Siantar Jika dipersenkan 42% guru pendidikan jasmani pada kategori baik pada kesesuaian butir dengan indikatorkompetensi dasar yang diterapkan, dan 21% pada kategori cukup di rumusan setiap butir soal menggunakan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar, 36% kategori kurang pada kesesuaian indikator yang dinilai untuk setiap aspek penilaian pada perangkat penilaian dengan tujuan pengukuran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PJKR-027 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Guru Pendidikan Jasmani; Kompetensi Guru; Kompetensi Pedagogik; Rancangan Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 08:00 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45310 |