Fonna, Nurdianita (2021) Pengembangan Bahan Ajar Like PISA pada Materi Gelombang Mekanik Fisika di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186175002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8186175002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3. NIM 8186175002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8186175002 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM 8186175002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM 8186175002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8186175002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8186175002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM 8186175002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
13. NIM 8186175002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 8186175002 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar fisika like PISA. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 fase atau tahap utama yaitu 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Develop (Pengembangan), 4) Implement (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi). Bahan ajar fisika yang dikembangkan berupa bahan ajar like PISA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA I SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Hasil penelitian diperoleh kevalidan bahan ajar terhadap materi oleh validator diperoleh hasil dari aspek kelayakan isi sebesar 88% , aspek kelayakan bahasa sebesar 86% dan aspek kelayakan penyajian sebesar 87% sedangkan kevalidan bahan ajar terhadap media oleh validator diperoleh hasil sebesar 87% sehingga telah memenuhi kategori valid. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa bahan ajar efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase nilai 82% dengan kategori sangat efektif. Kepraktisan bahan ajar dengan kategori sangat praktis dari respons siswa memperolehan persentase nilai 90%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar fisika like PISA telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori baik setelah menerapkan bahan ajar fisika SMA like PISA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 2 Fon p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Fisika; PISA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography > GC200 Dynamics of the ocean G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography > GC200 Dynamics of the ocean > GC205 Waves L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 10:15 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 10:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45268 |