Saragih, Delanining (2022) Pengembangan E-Modul Teknologi Fermentasi Terintegrasi PBL Untuk Pembelajaran Bioteknologi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196142008 COVER.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
2. NIM. 8196142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. NIM. 8196142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
4. NIM. 8196142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
5. NIM. 8196142008 TAB;E OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
6. NIM. 8196142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
7. NIM. 8196142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
8. NIM. 8196142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
9. NIM. 8196142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
13. NIM. 8196142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
14. NIM. 8196142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Pengembangan E-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL perlu dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil analisis kebutuhan dan mengetahui kelayakan buku ajar: teknologi fermentasi berdasarkan BSNP, (2) Mengetahui kelayakan e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL, (3) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL, serta (4) Mengetahui respon mahasiswa terhadap e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL untuk pembelajaran bioteknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi: tahap (1) Analisis kebutuhan meliputi analisis kurikulum, bahan ajar dan perangkat pembelajaran, tahap (2) Pengembangan e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL menggunakan software flipHTML5 yang dapat diakses melalui link e-modul, tahap (3) Standarisasi E-modul teknologi fermentasi sesuai BSNP dan kelayakan e-modul teknologi fermentasi oleh validator ahli materi dan media, tahap (4) Implementasi pada mahasiswa Prodi Kimia, FMIPA Unimed dan (5) Evaluasi seluruh kegiatan meliputi analisis data instrumen standarisasi e-modul, instrumen tes, pretest, posttest dan angket respon mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Prodi Kimia UNIMED angkatan 2018 yang mengikuti matakuliah bioteknologi berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian BSNP, soal tes objektif yang telah valid dan angket respon mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 1) Kelayakan buku ajar teknologi fermentasi adalah 2,57 dan 2,66 dengan kategori layak, 2) Kelayakan e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL adalah 3,73 dengan kategori sangat layak, 3) Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL sebesar 0,70 (kategori tinggi), dan 4) Respon mahasiswa terhadap e-modul teknologi fermentasi terintegrasi PBL dikategorikan baik sekali dengan rata-rata 82,25%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 660.607 2 Sar p |
Keywords: | E-modu;, Teknologi Fermentasi; PBL; Pembelajaran Bioteknologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 09:36 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45266 |