SILABAN, SUHARTI (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DI SD NEGERI 030289 PANJI KECAMATAN SITINJO KABUPATEN DAIRI T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1162111025 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 1162111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 1162111025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1162111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 1162111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 1162111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NIM. 1162111025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1162111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 1162111025 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 1162111025 BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1162111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah minat siswa rendah dalam mengikuti daring sehingga kebanyakan siswa kurang efektif mengerjakan tugas dan tuntutan pembelajaran daring yang mengharuskan guru menguasai IPTEK juga tuntutan kepribadian guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat profesionalitas guru dalam pembelajaran daring dan apa indikator yang paling mempengaruhi profesional guru dalam pembelajaran daring di SD Negeri 030289 Panji Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesional guru dalam pembelajaran daring di SD Negeri 030289 Panji Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi T.A 2020/2021. Manfaat penelitian ini sebagai referensi, wacana dan masukkan bagi guru, kepala sekolah, siswa, pemerintah setempat dan bagi peneliti lain pada profesional guru dalam menerapkan pembelajaran daring.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SD Negeri 030289 Panji Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi dengan sampel dalam penelitian adalah seluruh guru di SD Negeri 030289 Panji Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner/angket. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif-deskriptif yang kemudian diinterprestasikan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesional guru dalam pembelajaran daring berada dalam kategori cukup profesional dengan persentase 64% secara keseluruhan. Dari keseluruhan indikator pada ciri-ciri profesional guru paling mempengaruhi ialah indikator guru memiliki kepribadian baik dalam pembelajaran daring di kategori bagus atau profesional pada tingkat persentase 73% diikuti dengan indikator sikap profesional guru tampak berkesinambungan dalam pembelajaran daring pada kategori bagus ataau profesional tingkat persentase 54%, pada indikator penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi didalam pembelajaran daring pada kategori sedang atau cukup profesional tingkat persentase 59% dan pada indikator keterampilan guru membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran daring pada kategori sedang atau cukup profesional tingkat persentase 54%. Dari hasil penelitian disarankan untuk pemerintah setempat terkhusus Kecamatan Sitinjo mengevaluasi kembali tentang pelaksanaan pembelajaran daring tersebut dan sama-sama memperbaiki untuk kedepannya supaya pelaksanaan pembelajaran daring bisa terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesional Guru, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:27 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45250 |