Sihombing, Seven Sumihar (2014) MENINGKATKAN KINERJA GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 TUKKA DAN SMA NEGERI 1 PINANG SORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132065 Cover.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. 8126132065 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. 8126132065 Abstrak.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. 8126132065 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. 8126132065 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. 8126132065 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. 8126132065 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. 8126132065 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. 8126132065 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126132065 Bab V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
11. 8126132065 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kinerja guru biologi dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Tukka dan SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah setelah memperoleh pembinaan melalui supervisi klinis; (2) mengetahui peningkatan kinerja guru biologi dalam pembelajaran di SMA Negeri 1Tukka dan SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah.Metode penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian tindakan dengan pendekatan observasi. Subjek penelitian adalah guru biologi SMA Negeri 1 Tukka dan guru biologi SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah berjumlah empat orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data lembar penilaian observasi kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran (APKG 1), pelaksanaan pembelajaran (APKG 2), dan evaluasi pembelajaran untuk menilai hasil proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan: (1) pra siklus rata-rata nilai kinerja guru biologi dalam pembelajaran yaitu merencanakan adalah 68,7 dengan kategori cukup, melaksanakan adalah 65,6 dengan kategori cukup, dan menilai hasil proses pembelajaran adalah 68,7 dengan kategori cukup; (2) siklus pertama rata-rata nilai kinerja guru biologi dalam pembelajaran yaitu merencanakan adalah 74,3 dengan kategori cukup, melaksanakan adalah 74,2 dengan kategori cukup, menilai hasil proses pembelajaran adalah 75 dengan kategori baik; (3) siklus kedua rata-rata nilai kinerja guru biologi dalam pembelajaran yaitu merencanakan adalah 95 dengan kategori sangat baik, melaksanakan adalah 96,6 dengan kategori sangat baik, menilai hasil proses pembelajaran adalah 98,75 dengan kategori sangat baik; (4) rata-rata nilai kinerja guru biologi dalam pembelajaran dari pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua yaitu merencanakan adalah 79,5 dengan kategori baik, melaksanakan adalah 78,8 dengan kategori baik, dan menilai hasil proses pembelajaran adalah 80,8 dengan kategori baik, telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan; (5) supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru biologi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sih m |
Keywords: | Supervisi akademik; Supervisi klinis; Kinerja guru; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Silabus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 16:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4524 |