TAMBUNAN, RIDO ARDIANSYAH (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS V-C SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111084 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1161111084 LEMBAR PERSETUJUAN&RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
3. NIM. 1161111084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 1161111084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
5. NIM. 1161111084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. NIM. 1161111084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 1161111064 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 1161111084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 1161111084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
10. NIM. 1161111084 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
14. NIM 1161111084 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
15. NIM. 1161111084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran I kelas V-C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa jika digunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran I kelas V-C.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-C SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick. Prosedur penelitian terdiri dari dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian adalah sebagai berikut: nilai rata-rata dari 32 siswa hasil belajar pada pretes adalah 42,3 yaitu sebanyak 8 siswa yang meningkat belajar dengan persentase ketuntasan 25% dan yang tidak meningkat sebanyak 24 siswa dengan persentase 75%. Dari data postes yang telah dilakukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 56,4 yaitu sebanyak 17 siswa yang meningkat belajar dengan persentase ketuntasan 53% dan yang tidak meningkat sebanyak 15 siswa dengan persentase 47%. Dari data postes yang telah dillakukan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 71,5 yaitu sebanyak 29 siswa yang meningkat belajar dengan persentase 91% dan yang tidak meningkat sebanya 3 siswa dengan persentase 9%. Maka dari itu, hasil pretes sampai dengan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 71,87%.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran I kelas V-C SD Negeri 107399 Bandar Khalipah T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar siswa, Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 05:49 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45237 |