Sukmawati (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainwriting terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111042 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 2161111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (990kB) | Preview
3. NIM. 2161111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 2161111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 2161111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 2161111042 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM. 2161111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 2161111042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM. 2161111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
13. NIM. 2161111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 2161111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 168 siswa, dari populasi tersebut ditetapkan 32 siswa kelas VIII-E sebagai sampel penelitian yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk eksperimen one-group pre-test and post-test design. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran brainwriting masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 62,69. Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan metode pembelajaran brainwriting masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82,81. Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran brainwriting berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi, maka dilakukan uji persyaratan analisis yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas dengan ketentuan Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan = 0,05 diketahui bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji normalitas data pre-test adalah 0,133 < 0,156 dan hasil uji normalitas data post-test adalah 0,127 < 0,156. Hasil uji homogenitas juga menunjukkan bahwa sampel penelitian berasal dari populasi yang homogen di mana Fhitung < Ftabel yakni 1,93 < 4,17. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,635 > 1,697, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PAB 8 Sampali tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode; Brainwriting; Menulis; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 08:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45236 |