Simanjuntak, Marlina (2020) Kemampuan Memproduksi Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2131111032 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 2131111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 2131111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 2131111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 2131111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 2131111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 2131111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM. 2131111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 2131111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 2131111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM. 2131111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam
menulis teks biografi berdasarkan aspek isi, struktur, kaidah kebahasaan, kosa
kata dan mekanik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS1 dengan total
jumlah sampel adalah 30 orang siswa. Sampel tersebut diambil secara acak dari
120 orang siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode non eksperimen. Desain penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif.
Instrumen penilaian teks biografi yang digunakan untuk memperoleh gambaran
kemampuan memproduksi teks biografi siswa merupakan instrumen yang sesuai
dengan kurikulum 2013. Untuk dapat memperoleh data penelitian, penulis
meminta siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini untuk memproduksi
teks biografi. Perolehan skor pada aspek isi dari 30 orang sampel adalah = 490
dengan rata-rata nilai adalah 16, 33 dan persentase kemampuan rata-rata siswa
adalah 81% yaitu pada kategori baik. Skor yang diperoleh siswa pada aspek
struktur teks adalah = 378. Dengan rata-rata nilai adalah 12,6. Presentase
kemampuan rata-rata siswa adalah 70,8% yaitu pada kategori cukup. Skor pada
aspek kaidah kebahasaan adalah 425. Dengan rata-rata nilai adalah 14,16.
Presentase kemampuan rata-rata siswa adalah 70% yaitu pada kategori cukup.
Skor keseluruhan siswa pada aspek kosa kata adalah = 482. Dengan rata-rata nilai
adalah 16,6. Persentase kemampuan rata-rata siswa pada aspek kosa kata adalah
80,3 %. Skor keseluruhan siswa pada aspek mekanik adalah = 450. Dengan ratarata
nilai adalah 15. Persentase kemampuan siswa pada aspek mekanik adalah 75
% yang masuk pada kategori baik. Pada penelitian ini, ditemukan sebanyak 8
orang siswa yang berada pada kategori tidak tuntas dan sebanyak 22 orang siswa
yang berada pada kategori tuntas. Selanjutkan pada klasifikasi kentuntasan
klasikal, berdasarkan hasil perhitungan persentase ketuntasan diperoleh 73,33%,
maka secara klasikal kemampuan memproduksi teks biografi siswa kelas X IPS1
yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dapat disimpulkan tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teks Biografi; Kemampuan Memproduksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 08:53 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45231 |