HABIBAH, NUR (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ABC UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SD. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111070_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 1161111070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 1161111070_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 1161111070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM. 1161111070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1161111070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1161111070_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1161111070_DAFTAR RUMUS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1161111070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1161111070_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
14. NIM. 1161111070_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM. 1161111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan fakta yang
ditemukan dilapangan yang menunjukkan dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran. Terkhusus pada membaca permulaan pada siswa kelas I SD, masih terdapat siswa yang kesulitan dalam membaca. Berdasarkan permasalah tersebut peneliti perlu melakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan media pembelajaran, yaitu pengembangan media ABC untuk membaca permulaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan langkah-langkah mengembangkan media ABC dan untuk mengetahui kelayakan dari media ABC pada membaca permulaan kelas I SD. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model 4-D, yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Sammel. Namun penelitian ini dilakukan hanya sampai pada 3 tahapan yaitu Define (Pendefenisian), Design (perancangan), dan develop (pengembangan), pada tahapan develop (pengembangan) penelitian hanya melakukan tahapan valiasi media, yang seharusnya pada tahap ini penelitian dilakukan hingga tahapan mengujicobakan media. Hal tersebut dikarenakan terjadi pandemi akibat COVID-
19.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ABC yang dikembangkan dikategorikan pada kriteria media yang layak digunakan. Berdasarkan hasil dari kedua validator mendapat kategori “sangat layak” dengan rincian validator ahli media sebesar 91%, oleh ahli materi pembelajaran 89%, dan tanggapan media oleh guru medapat kategori dengan rincian sebesar 97%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Membaca Permulaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:28 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45207 |