Amalia, Nadia Tami (2020) Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111027 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 2161111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
3. NIM. 2161111027 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 2161111027 PREFACE.pdf.Pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 2161111027 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM. 2161111027 TABLES.pdf.Pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM. 2161111027 APPENDICES.pdf.Pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 2161111027 CHAPTER I.pdf.Pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
12. NIM. 2161111027 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM. 2161111027 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model PBL (Problem Based Learning) oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL (Problem Based Learning) oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Objek penelitian ini dinyatakan dalam bentuk situasi social. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti langkah Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa data deskriptif penerapan model Problem Based Learning oleh guru dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur fabel pada kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penghitungan, diketahui bahwa guru A mendapatkan nilai 93,33 % atau dikategorikan sangat baik. Dan guru B mendapatkan nilai 86,6 % atau dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa Guru bahasa Indonesia A dikategorikan sangat baik dan bahasa Indonesia B dikategorikan baik. Hal itu didasarkan pada perhitungan yang telah dilakukan terhadap hasil observasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan oleh kedua guru tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan Problem Based Learning; Bahasa Indonesia; Struktur Fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 09:57 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45188 |