Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Amalia, Nadia Tami (2020) Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2161111027 COVER. pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2161111027 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2161111027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2161111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2161111027 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2161111027 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2161111027  PREFACE.pdf.Pdf]
Preview
Other
4. NIM. 2161111027 PREFACE.pdf.Pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2161111027 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2161111027 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2161111027 TABLES.pdf.Pdf]
Preview
Other
6. NIM. 2161111027 TABLES.pdf.Pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2161111027 APPENDICES.pdf.Pdf]
Preview
Other
7. NIM. 2161111027 APPENDICES.pdf.Pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2161111027 CHAPTER I.pdf.Pdf]
Preview
Other
8. NIM. 2161111027 CHAPTER I.pdf.Pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2161111027 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2161111027 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2161111027 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2161111027 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model PBL (Problem Based Learning) oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL (Problem Based Learning) oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Objek penelitian ini dinyatakan dalam bentuk situasi social. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti langkah Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa data deskriptif penerapan model Problem Based Learning oleh guru dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur fabel pada kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penghitungan, diketahui bahwa guru A mendapatkan nilai 93,33 % atau dikategorikan sangat baik. Dan guru B mendapatkan nilai 86,6 % atau dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa Guru bahasa Indonesia A dikategorikan sangat baik dan bahasa Indonesia B dikategorikan baik. Hal itu didasarkan pada perhitungan yang telah dilakukan terhadap hasil observasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan oleh kedua guru tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan Problem Based Learning; Bahasa Indonesia; Struktur Fabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Feb 2022 09:57
Last Modified: 08 Feb 2022 09:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45188

Actions (login required)

View Item
View Item