Simatupang, Hernita (2020) Pengaruh Teknik Transformasi Cerpen Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Swasta Methodist Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111024 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 2151111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM. 2151111024 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
4. NIM. 2151111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 2151111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM 2151111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
7. NIM 2151111024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 2151111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
12. NIM. 2151111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM. 2151111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa sebelum penggunaan teknik transformasi cerpen. Tujuan yang kedua untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa setelah penggunaan teknik transformasi cerpen. Tujuan ketiga untuk mengetahui pengaruh teknik transformasi cerpen dalam pembelajaran menulis naskah drama. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan untuk penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas atau random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan hasil kemampuan menulis naskah drama siswa sebelum dan setelah menggunakan teknik transformasi cerpen. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 62,5, dengan standar deviasi 14,97. Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test) adalah 76,11 dengan standar deviasi 12,30. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa nilai rata-rata menulis naskah drama setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t” dengan hasil thitung= 14,79 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5%=2,03. Karena uji hipotesis t yang diperoleh lebih besar dari , yaitu 14,79 > 2,03, maka hipotesis diterima. Jadi, teknik transformasi cerpen berpengaruh terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | menulis; naskah drama; teknik transformasi cerpen |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 03:44 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45179 |