Sari, Dina Purnama (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII-1 SMP SWASTA AL-WASHLIYAH 26 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182009 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. 8126182009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (905kB) | Preview
3. 8126182009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. 8126182009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. 8126182009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. 8126182009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. 8126182009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126182009 Dafatr Lampiran.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. 8126182009 Bab I.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
10. 8126182009 Bab V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
11. 8126182009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa (3) Mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap pembelajaran matematika siswa, dan (4) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VIII-1 SMP Swasta Al-Washliyah 26 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket disposisi matematis siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk klasikal kelas pada siklus I sebesar 59,3% pada pertemuan pertama dan 75,7% pada pertemuan kedua, pada siklus II menjadi 79,4% pada pertemuan pertama dan 83,3% pada pertemuan kedua, dan pada siklus III menjadi 89,1% pada pertemuan pertama dan 86,8% pada pertemuan kedua, (2) pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan disposisi matematis siswa, untuk skor angket disposisi matematis meningkat dari 67,4% pada siklus I menjadi 72,5% pada siklus II serta 81,4% pada siklus III, (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 87,9% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 85%, dan rata-rata kelas sebesar 86,4 diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 75, (ii) ketuntasan tujuan pembelajaran pada siklus III mencapai 81,5% siswa yang mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran 75% untuk setiap individu, (iii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 81,1% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 86,8% pada siklus III, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 85,7% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (iv) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP (4) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray positif, siswa menganggap pembelajaran ini merupakan suatu pembelajaran yang baru sehingga siswa berminat mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa juga memahami dan tertarik dengan lembar aktivitas yang diberikan. Rekomendasi atas hasil penelitian ini adalah para guru agar melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray sebagai salah satu alternatif upaya meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sar u |
Keywords: | Komunikasi matematis; Disposisi matematis; Pembelajaran kooperatif; Persamaan linear; Respon siswa; Two stay two stray |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4516 |