PURBA, MANGARA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI 064955 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.1162111014 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 1132111009 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
3. NIM. 1132111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 1132111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
5. NIM. 1132111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
6. NIM. 1132111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. NIM. 1132111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
8. NIM. 1132111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 1132111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
13. NIM. 1132111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM. 1132111009DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema cita-citaku di kelas IV SD Negeri 064955 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema cita-citaku di kelas IV SD Negeri 064955 Medan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan empat tahapan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 064955 Medan yang berjumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada tema cita-citaku dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar pengamatan atau observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada tes awal (Pre Test) diperoleh sebanyak 7 orang siswa (33,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 orang siswa (66,67%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,9. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I peningkatan diperoleh data sebanyak 13 orang siswa (61,90%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 8 orang siswa (38,10%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,10. Selanjutnya setelah diberikan tindakan pada siklus II peningkatan diperoleh data sebanyak 19 orang siswa (90,48%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 orang siswa (9,52%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 89,50. Jumlah siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah 19 siswa atau 90,48% dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema cita-citaku kelas IV Negeri 064955 Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar tema cita-citaku, Model Pembelajaran Numbered Heads Together. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:48 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45152 |