PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRESOLUTION POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 060858 MEDAN TEMBUNG T.A 2019/2020

HANUM, LATIFA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRESOLUTION POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 060858 MEDAN TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1162111006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1162111006_COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1162111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1162111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1162111006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1162111006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1162111006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1162111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1162111006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1162111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1162111006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1162111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1162111006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1162111006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1162111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1162111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1162111006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1162111006_BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1162111006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1162111006_BAB V.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1162111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1162111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada masalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing di Kelas V SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020? 2) Bagaimanakah penerapan penggunaan model pembelajaran Problem
Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe
Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing di Kelas V SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020, 2) Penerapan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020, 3) dan Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperement dengan menggunakan desain penelitian pretest-postetst group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060858 Medan Tembung yang berjumlah 45 siswa. Sampel
penelitian yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling (Sampling Pertimbangan). Sampel yang digunakan berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan observasi.
Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan maka didapatkan thitung memperoleh nilai 4,694, dan ttabel adalah 1,717 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya Ha diterima
dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Hasil Belajar Siswa, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:49
Last Modified: 28 Jan 2022 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45148

Actions (login required)

View Item
View Item