Simanjuntak, Haholongan (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132051 Cover.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. 8126132051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3. 8126132051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. 8126132051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 8126132051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 8126132051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 8126132051 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 8126132051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. 8126132051 Bab I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
10. 8126132051 Bab V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
11. 8126132051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw melalui supervisi klinis di SMA Negeri 1 Pangururan Kabupaten Samosir. Metode penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian adalah guru kimia SMA Negeri 1 Pangururan Kabupaten Samosir sebanyak empat orang. Obyek penelitian adalah penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen telaah RPP dan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siklus pertama rata-rata nilai kemampuan guru kimia dalam merencanakan pembelajaran adalah 79,86 dalam kategori cukup dan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw adalah 78,98 dalam kategori cukup; (2) siklus kedua rata-rata nilai kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran adalah 96,30 dalam kategori amat baik dan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw adalah 94,31 dalam kategori amat baik. Hasil temuan peneliti menemukan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kepada guru agar terus meningkatkan kemampuanya dalam ilmu pengetahuan dan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta tetap terbuka dan bersedia menerima terhadap setiap pembaharuan dan perkembangan terkait dengan model-model pembelajaran. Kepada pengawas sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebaiknya menerapkan supervisi klinis terhadap guru dalam membimbing guru. Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupeten Samosir sebaiknya memberikan pelatihan kepada pengawas untuk memperluas wawasan tentang penerapan supervisi klinis dan melakukan pengawasan yang ketat serta berkesinambungan kepada pengawas sekolah dan guru sehingga dalam melaksanakan tugasnya mampu membuat perubahan peningkatan pendidikan dengan mengacu kepada peraturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sim m |
Keywords: | Kemampuan guru; Pembelajaran kooperatif; Supervisi klinis; Model pembelajaran; Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4511 |