BR TARIGAN, HENNY LESMANA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SDN 106810 SAMPALI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311031_COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM. 1153311031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 1153311031_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 1153311031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 1153311031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 1153311031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1153311031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1153311031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10. NIM. 1153311031_BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
14. NIM. 1153311031_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. NIM. 1153311031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa V SD Negeri 106810 Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SD Negeri 106810 Sampali T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini dilaksanakan di SD Negeri 106810 Sampali di kelas V pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan siswa 18 siswa laki-laki. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes berupa pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (Pre Tes ) dan tahap kedua (Postest) dua silkus yaitu siklus I dan silkus II. Masing-masing silkus teridi dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi.
Berdasarkan analisis dan diperoleh bahawa pada saat pre-tes dari 35 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 11 siswa (31,42%) dan sebanyak 24 siswa (68,57%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 60,14. Setelah dilaksanakannya silkus I sebanyak 23 siswa (62,85%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 12 siswa (34,28%) belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 70,85. Pada silkus II diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal sebanyak 30 siswa (85,71%) dan sebanyak 5 siswa (14,28%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata
83,28. Hasil observasi kegiatan mengajar guru diperoleh pada silkus I pertemuan pertama dengan rata- rata nilai sebesar 70,85(tinggi) dan pada pertemuan kedua sebesar 65,71(tinggi) pada silkus II pertemuan pertama dengan rata-rata nilai sebesar 83,28 (sangat tinggi) dan pertemuan kedua sebesar 85,71(sangat tinggi).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Sript dapat menigkatkan hasil belajar mata pelajaran Ipa Kelas V Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SDN 106810 Sampali T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Cooperative Script |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:40 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45107 |