Yusra, Winni (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 2 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132068 Cover.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. 8126132068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
3. 8126132068 Abstrak.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. 8126132068 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. 8126132068 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. 8126132068 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 8126132068 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. 8126132068 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8126132068 Bab I.pdf - Published Version
Download (754kB) | Preview
10. 8126132068 Bab V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
11. 8126132068 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini pada dasarnya ingin mengetahui apakah melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru.Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam bertanya, memberi penguatan, membuka dan menutup pelajaran dan keterampilan guru dalam mengelola kelas , melaui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif di SMA Negeri 2 Takengon. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan sekolah, mengacu pada model penelitian Kemmis yang dirancang dengan proses siklus terdiri dari 4 fase kegiatan yaitu merencanakan (planning), melakukan tindakan (action), mengamati (observation), dan merefleksi (reflectif). Tahapan ini terus berulang dilakukan perindividu sampai permasalahan guru dalam menerapkan 4 keterampilan dasar mengajar guru tersebut dapat teratasi.Hasil analisis data guru dalam menerapkan 4 keterampilan dasar mengajar yaitu pada siklus I adalah 67,52%, sedangkan pada siklus II adalah 86,16%. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru yaitu dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 86,16% – 67,52% = 18,64%.Dengan demikian penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatakan keempat keterampilan dasar mengajar guru di SMA Negeri 2 Takengon yang dibuktikan dengan adanya peningkatan masing-masing keterampilan dari siklus I ke siklus II. Untuk itu diharapkan kepada semua pengawas sekolah agar dapat membimbing semua guru melalui kegiatan supervisi klinis, karena banyak para guru yang membutuhkan pembinaan dan bantuan dari para pengawas sekolah, dengan harapan kualitas pembelajaran guru akan menjadi lebih baik dan menyenangkan bagi siswa yang diajarnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Yus u |
Keywords: | Ketrampilan menjelaskan; Supervisi klinis; Ketrampilan bertanya; Pendekatan kolaboratif; Ketrampilan mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4509 |