Rosmawati, N. (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU KIMIA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ILMIAH DI SMA NEGERI KOTA TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132064 Cover.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. 8126132064 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8126132064 Abstrak.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. 8126132064 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 8126132064 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8126132064 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 8126132064 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8126132064 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8126132064 Bab I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
10. 8126132064 Bab V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
11. 8126132064 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemapuan mengajar guru kimia di SMA Negeri di Kota Takengon. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia melalui supervisi akademik model ilmiah.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah /action research yang dilaksanakan di SMA Negeri Kota Takengon dengan subjek penelitian sebanyak 4 guru kimia kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kwantitatif melalui dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai, nilai rata-rata serta presentase keberhasilan kemampuan mengajar guru kimia.Hasil temuan penelitian diperoleh nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 66,72 dan meningkat menjadi 76,51 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 91,04 pada siklus II. Adapun setelah melakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru kimia sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa guru kimia belum mencapai standar kelulusan. Beranjak dari refleksi tindakan yang dilakukan di siklus I, maka pada siklus II setelah diberikan tindakan yang optimal maka diperoleh 100% guru meningkat kemampuan mengajarnya. Jika semua guru kimia mencapai nilai ≥ 80 maka memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan maka penelitian ini dianggap tuntas.Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan supervisi akademik model ilmiah dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia di SMA Negeri Kota Takengon. Disarankan kepada pengawas serta kepala sekolah menerapkan supervisi akademik model ilmiah untuk melakukan pembinaan kepada guru dalam rangka meningkatkan kemampuan mengajar guru khususnya guru kimia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Ros u |
Keywords: | Supervisi akademik; Model ilmiah; Kemampuan mengajar; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4508 |