Sihombing, Riris Maduma (2021) Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 17 Tomok. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171111054_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1171111054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 1171111054_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 1171111054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 1171111054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1171111054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1171111054_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1171111054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1171111054_BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM. 1171111054_BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 1171111054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah (1)rendahnya hasil belajar tema 8 subtema 1 siswa (2) Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menemukan cara dalam menyelesaikan masalah interaksi sosial dengan lingkungannya (3) Kurangnya komunikasi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, hal ini disebabkan karena siswa malu atau tidak berani menyatakan apa yang mereka perlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1)interaksi sosial di kelas IV SD Negeri 17 Tomok.(2) hasil belajar tema 8 subtema 1 llingkungan tempat tinggal ku di kelas IV SD Negeri 17 Tomok. (3) hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggal ku kelas IV SD Negeri 17 Tomok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 17 Tomok dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data interaksi sosial (X) dan hasil belajar tema 8 subtema 1 (Y) menggunakan angket skala likert dan dokumentasi. Dan analisis statistic dengan menggunakan product moment dengan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif data interaksi sosial yang dilakukan termasuk sedang dengan skor rata-rata sebesar 84,6. Sedangkan hasil belajar tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri 17 Tomok termasuk kategori cukup dengan skor rata-rata 78,3. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rhitung = 0.403 > rtabel = 0.374 ( α = 0,05 ). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut terdapat korelasi yang positif. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,330 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05 sebesar 2,048 artinya thitung > ttabel yaitu 2,330 > 2,048. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri 17 Tomok di terima secara signifikan”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-190 |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Interaksi Sosial; Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 08:13 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45071 |