Rosmaidar (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KUANTUM MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK JOB INSTRUCTION TRAINING DI SMAN 1 SIMPANG KANAN ROKAN HILIR-RIAU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132063 Cover.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. 8126132063 Lembar Pengesahasan.pdf - Published Version
Download (824kB) | Preview
3. 8126132063 Abstrak.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
4. 8126132063 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. 8126132063 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. 8126132063 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. 8126132063 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126132063 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. 8126132063 Bab I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
10. 8126132063 Bab V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
11. 8126132063 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru SMAN 1 Simpang Kanan, Rokan Hilir, Riau dalam melaksanakan pembelajaran kuantum melalui supervise akademik teknik job instruction training (JIT). Hipotesis penelitian adalah melalui supervisi akademik teknik JIT dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran kuantum di SMAN 1 Simpang Kanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) melalui dua siklus. Subjek dalam penelitian berjumlah enam orang yakni guru MIPA SMAN 1 Simpang Kanan tahun ajaran 2013/2014. Data utama yang dikumpulkan adalah kemampuan guru melaksanakan pembelajaran kuantum. Data penunjang lainnya adalah hasil refleksi pelatihan dan telaah RPP pembelajaran kuantum. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan rekaman informasi. Kegiatan yang dilakukan adalah berupa pelatihan pembelajaran kuantum, telaah RPP, observasi kelas, dan refleksi. Data dianalisis dengan cara kualitatif deskriptif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika semua guru mendapatkan nilai di atas 70% atau kategori nilai amat baik (A) dan baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran kuantum sebesar 46,52% dibanding prasiklus atau sebesar 27,40% dibanding siklus pertama. Dengan demikian penelitian dengan menerapkan supervisi akademik teknik job instruction training dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran kuantum bagi guru-guru SMAN 1 Simpang Kanan khususnya guru MIPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Ros m |
Keywords: | Supervisi akademik; Pembelajaran kuantum; Kemampuan guru; Job instruction training |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4507 |