TARIGAN, DARNI REHULINA (2020) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNG MERIAH KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311014_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163311014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 1163311014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 1163311014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 1163311014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1163311014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1163311014_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1163311014_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1163311014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1163311014_BAB I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
14. NIM. 1163311014_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
15. NIM. 1163311014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang maksimalnya pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah dasar se-Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang di tengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan guru kelas dalam menerapkan pembelajaran daring serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan guru kelas di SD Negeri se-Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang dalam menerapkan pembelaaran daring.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Kelas SD Negeri se-Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang dengan sampel guru kelas yang berjumlah 36 yang terdiri dari 2 guru laki-laki dan 34 guru perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berjumlah 25 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif - deskriptif yang kemudian diinterpretasikan kedalam bentuk persentase.
Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran daring masuk pada kategori sulit dengan persentase 66,67% dengan jumlah 24 responden. Faktor yang mempengaruhi guru kelas mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran daring adalah faktor guru itu dengan kategori
sangat sulit 85% dengan jumlah 11 responden. Keterbatasan alat komunikasi yang dimiliki peserta didik dan lemahnya jaringan menjadi faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran melalui daring. Dengan demikian guru masih mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran daring. Dimana Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru selama pembelajaran
daring yaitu aplikasi pembelajaran, jaringan internet dan gawai, pengelolaan pembelajaran, penilaian, dan pengawasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 09:09 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45062 |