Siringoringo, Novita Sri Dewi (2014) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN DIRECTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126131012 Cover.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. 8126131012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
3. 8126131012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. 8126131012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. 8126131012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. 8126131012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 8126131012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 8126131012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. 8126131012 Bab I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
10. 8126131012 Bab V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
11. 8126131012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi supervisi Klinis dengan Pendekatan Directif dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia pada SMP di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang guru yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar IPKG1, dan Lembar Observasi Supervisi Klinis dengan Pendekatan Directif. Hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pada pra siklus, tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, 33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik, dan 66% guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik. (2) Pada siklus pertama tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 100% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. (3) Pada siklus kedua 86,66% guru sudah memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 13,33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi Klinis dengan Pendekatan Directif dapat meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sir i |
Keywords: | Supervisi klinis; Pendekatan direktif; Bahasa Indonesia; Kinerja; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 18:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4503 |