LUBIS, ANNOVIA AGUSTIN (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA KUBUS HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SD N 104202 BANDAR SETIA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111010_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1161111010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 1161111010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 1161111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 1161111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1161111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1161111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1161111019_BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
12. NIM. 1161111010_BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13. NIM. 1161111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang masih belum dapat membedakan huruf-huruf abjad sehingga mereka kurang lancar dalam hal membaca. Adapun tujuan penelitian ini adalah membimbing kembali siswa yang masih belum lancar dalam hal membaca untuk melakukan membaca permulaan siswa kelas II SD N 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II B SD N 104202 Bandar Setia T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini menggunakan target population adalah seluruh kelas II B sebanyak 29 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu kelas II B sebanyak 29 siswa. Teknik sampel penelitian ini diambil dari jumlah keseluruhan populasi karena semua siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Dengan demikian anggota populasi dan sampel penelitian ini adalah sama. Instrumen dalam penelitian ini yaitu; (1) Lembar kuesioner model skala likert; (2) Tes bentuk Multiple Choice sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian yang dilakukan kepada 29 siswa kelas II B SD N 104202 Bandar Setia menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media kubus huruf sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 75,87%, begitu pula pada tingkat kemampuan membaca siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 65,52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat penggunaan media kubus huruf dan kemampuan membaca siswa SD N 104202 Bandar Setia berada pada ketegori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji t yaitu dapat diperoleh thitung sebesar 0,7512 sementara t tabel 0,374. Adapun kriteria dalam pengambilan keputusan uji hipotesis ini yaitu apabila hasil nilai thitung > ttabel dinamakan Ha (diterima/valid), sedangkan jika thitung < ttabel dinamakn Ho (ditolak/tidak valid).
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan media kubus huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD N 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Media Kubus Huruf, Kemampuan Membaca Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 09:09 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45023 |