PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 106161 LAU DENDANG TAHUN AJARAN 2019/2020

FADILLA, ANNISA (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 106161 LAU DENDANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161111009_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161111009_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161111009_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161111009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161111009_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161111009_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161111009_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161111009_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161111009_BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1161111009_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1161111009_BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1161111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1161111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini tentang Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Video dan Media Gambar di SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan
menggunakan media video dan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN 106161 Lau Dendang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan media gambar pada siswa kelas V SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes.
Dari uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari data untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 6,9 > ttabel = 2,02, karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Video dan yang diajar dengan menggunakan Media Gambar dari data gain yang diperoleh tersebut.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji t berdasarkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil nilai thitung > ttabel = (6,9 > 2,02). Dengan demikian H1 diterima yaitu “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan media gambar di kelas V SDN 106161
Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Media Video, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:05
Last Modified: 27 Jan 2022 01:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45020

Actions (login required)

View Item
View Item