FADILLA, ANNISA (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 106161 LAU DENDANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111009_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1161111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 1161111009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 1161111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1161111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1161111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1161111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1161111009_BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
12. NIM. 1161111009_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM. 1161111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Video dan Media Gambar di SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan
menggunakan media video dan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN 106161 Lau Dendang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan media gambar pada siswa kelas V SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes.
Dari uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari data untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 6,9 > ttabel = 2,02, karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Video dan yang diajar dengan menggunakan Media Gambar dari data gain yang diperoleh tersebut.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji t berdasarkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil nilai thitung > ttabel = (6,9 > 2,02). Dengan demikian H1 diterima yaitu “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan media gambar di kelas V SDN 106161
Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Media Video, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 01:05 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 01:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45020 |