Soni, Jefri (2014) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU RUMPUN MATA PELAJARAN IPA DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI SMAN UNGGUL ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132055 Cover.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 8126132055 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
3. 8126132055 Abstrak.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. 8126132055 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. 8126132055 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. 8126132055 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. 8126132055 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 8126132055 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. 8126132055 Bab I.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
10. 8126132055 Bab V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
11. 8126132055 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengajar guru rumpun mata pelajaran IPA dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) melalui penerapan supervisi akademik berbasis coaching. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru rumpun mata pelajaran IPA di Kelas X SMAN Unggul Aceh Timur pada tahun pelajaran 2013/204 yang berjumlah 5 orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), melaksanakan pembelajaran dengan SPI, dan ketuntasan klasikal siswa dalam pembelajaran tersebut. Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah sebanyak 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun RPP mencapai skor 75,71%, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan SPI mencapai skor 67,50%, dan terdapat 2 kelas dengan ketuntasan klasikal dengan ketuntasan klasikal dibawah 85% dengan rata-rata keseluruhan 89,52%. Pada siklus kedua dicapai hasil bahwa rata-rata kemampuan guru menyusun RPP mencapai skor 97,14%, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran SPI mencapai 87,22%, dan persentase ketuntasan klasikal siswa minimal 85,71% hanya pada satu kelas. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan penerapan supervisi akademik berbasis coaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Son p |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Kemampuan mengajar; Supervisi akademik; Strategi pembelajaran; Guru; Coaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 17:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4501 |